Cara Memilih Telur

Cara memilih telur adalah langkah awal memastikan kualitas telur yang akan kita olah. Memilih telur, khususnya telur yang dipersiapkan untuk direbus, diperlukan kecermatan dan pengetahuan yang cukup agar telur yang kita beli mempunyai tingkat kerusakan minimal. Selain kualitas telur, besar kecilnya telur juga sangat penting diperhatikan untuk menghindari sejumlah permasalahan ketika dalam proses.
Memilih telur saat pembelian telur :
  1. Pastikan bahwa telur yang kita beli tak ada retak. Pemeriksaan harus dilakukan dengan seksama, pilih telur berwarna kemerahan dan tak ada noda-noda di permukaan telur. Biasanya pedagang mengoleskan nasi atau getah waluh ke cangkang telur untuk menutupi retakan pada telur, oleh karena itu jika terdapat noda noda pada permukaan telur, jangan dipilih.
  2. Untuk telur ayam yang dipersiapkan untuk direbus, pilih ayam telur yang berukuran sedang (18 telur per kg). Telur ayam yang berukuran besar cangkangnya tipis sehingga mudah pecah selama proses perebusan. Makin kecil ukuran telur ayam, makin kuat saat direbus. Sedangkan telur yang nyaris bulat akan lebih sulit dikupas dibandingkan telur berbentuk oval. Untuk telur bebek ukuran tak menjadi masalah.

Memilih telur saat akan direbus :
  1. Siapkan baskom berisi air dingin.
  2. Setiap telur yang akan direbus ke dalam baskom.
  3. Telur cenderung vertikal dan sulit untuk direbahkan adalah telur yang bermasalah jika direbus, telur ini hanya bisa di goreng (mata sapi atau dadar).
  4. Telur yang cenderung horisontal dan mudah dibolak-balik adalah telur yang baik untuk direbus.